RSS

Manfaat Lain Mentimun Selain untuk Masker

07 Agu

Mentimun – Timun – ketimun
Cucumber (Inggris) – Komkommer (Belanda) – Gurke (Jerman) – Concombre (Perancis)

Tadi pagi waktu ibu belanja ke tukang sayur tiba-tiba iseng beli mentimun, kaget banget saya karena seisi rumah juga tau kalau saya paling anti sama yang namanya mentimun. Selain mengidap hipotensi juga gak suka aja… <– curcol😀

Setelah mengadakan sesi wawancara (lebayyy), ternyata mentimun itu mau dibuat masker. APAAA……??? sebelumnya saya yang ndak pernah maskeran jadi bingung sendiri… ternyata ibu perhatian juga, jadinya diajari bagaimana caranya dan apa saja manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat lain dari Cucumis Sativus atau dalam bahasa inggris disebut Cucumber selain untuk kulit kita:

1. Obat Hipertensi
Hipertensi atau bahasa indonesia-nya Tekanan Darah Rendah. Cukup dengan mengambil 2 biji mentimun ukuran sedang, cuci, parut selanjutnya peras. Minum airnya dan lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

2. Makanan/ Obat Pelangsing
Biasanya teman-teman cewek suka diet, gak ada salahnya banyak-banyak mengonsumsi mentimun daripada minum pil pelangsing yang efek sampingnya kadang cenderung berbahaya. Dengan jumlah kalori yang sedikit, serat yang banyak dan dengan adanya kandungan asam malonat yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak maka orang yang mengonsumsi mentimun dapat turun berat badannya.

3. Anti Serangga (kalo yang ini saya juga baru tau)😀
Kalau banyak siput, ulat dan belatung pada tanaman, kita tak usah kuatir. Dengan mengiris beberapa irisan mentimun dan menaruhnya ke dalam kaleng bekas minuman (dalam hal ini botol minuman yang dimaksud adalah minuman soda). Reaksi kimia antara mentimun dan kaleng akan menimbulkan bau-bau yang dapat mengusir hama pada tanaman kita.

4. Obat Sariawan
Cukup dengan memakan mentimun mentah setiap hari, biasanya dicampur pada lalapan. Wah… mudah ternyata….😀

5. Memperlancar Buang Air kecil
Dengan mencampurkan satu gelas sari buah mentimun dengan 1 sdt madu dan 1 sdt jeruk nipis. Minum ramuan tersebut dua kali sehari.
Dan masih banyak lagi manfaat lain…

Kandungan vitamin yang dimilikinya diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, kalsium, seng, magnesium dan besi. Kandungan air yang dimiliki sebesar 90% sehingga berfungsi untuk membantu menghilangkan dan menetralkan toksin (racun), membantu melunturkan bakteri disepanjang usus dan kandung kemih serta mengeluarkan kelebihan asam urat dan batu ginjal pada ginjal.

Jadi buat kita-kita yang hipotensi, jangan paranoid dengan buah sayur yang satu ini ya…😀

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Agustus 2011 in Ge Je, Kakikomi, Keren

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: