RSS

Habis Dicuci, Batik Kok Bisa Susut?

15 Jan

Hal yang paling mengesalkan yaitu jika kita mempunyai pakaian batik dan mendapati pakaian kita menyusut setelah dicuci sekali saja. mengapa bisa seperti itu? bahkan bentunya bisa berubah?

Memang setiap kain batik pada dasarnya akan menyusut, dan susutnya pun tak akan tanggung-tanggung, bisa mencapai 5-10 cm. karena itu pembatik harus memperhitungkan ukuran kain sebelum memotongnya.1

Biasanya batik yang menyusut setelah dicuci itu biasanya yang dijual dalam bentuk jadi (kemeja, celana pendek atau panjang), dan terbuat dari kain krayon. sedangkan kain batik yang banyak dijual ditoko atau dipameran, biasanya terbuat dari katun atau sutera.

Agar warna batik tak cepat pudar, sebaiknya kita juga memerhatikan cara mencucinya. Saat mencuci batik, jangan mencampur pakaian batik dengan pakaian lain. Lalu, menggunakan sabun khusus pencuci batik seperti Attack Batik Cleaner, yang kandungan deterjennya tidak terlalu keras. Setelah dibilas, bahan batik tak perlu diperas dengan cara memelintirnya.

Pakaian yang sudah bersih lalu bisa digantung di pralon atau bambu, bukan di jemuran kawat yang bisa mengubah bentuknya. Saat menyimpan di lemari, sebaiknya jangan menggunakan kamper untuk mencegah kelembaban di dalam lemari, melainkan bubuk lada putih.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Januari 2011 in Kakikomi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: